Kelebihan Dan Kekurangan Iklan Online

Iklan Online

Daftar Isi

Iklan Online merupakan upaya pemasaran secara online, dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar. Iklan Online juga bisa di gambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jasa lewat dunia maya. Yang tujuannya tidak lain, untuk meraih keuntungan dari kegiatan penjualan.

Iklan Online muncul sebagai salah satu cara yang paling inovatif bagi pelaku usaha kecil. Untuk mempromosikan produk dan layanan ke khalayak ramai, saat ini tidak hanya UKM saja bahkan banyak pemilik usaha terkemuka yang ikut mendapatkan peningkatan penjualan. Karena mereka mempromosikan bisnisnya di internet atau secara Online. Melalui ini, jelas menunjukkan bahwa siapapun tidak boleh melewatkan kemudahan promosi melalui media online, setuju? Namun sebelum memutuskan untuk promosi menggunakan Iklan Online, ini dia kelebihan dan kekurangan dari Iklan Online.

Baca Juga :

Kelebihan Iklan Online :

Iklan onlien

1. Lebih Murah

Tentu saja banyak kelebihannya dengan beriklan Online, antara lain: Jauh lebih murah di bandingkan dengan beriklan di TV, radio dan surat kabar. Iklan oline juga dapat menggunakan media Google, Facebook, Instagram Ads dan marketplace yang ternyata bisa jauh lebih murah.

Salah satu cara gratis, kamu bisa membuat iklan dengan sosial media seperti instagram, facebook personal, dan content SEO. Namun iklan gratis tidak semaksimal jika dibandingkan dengan berbayar, tetapi jika mau konsisten dan rapi kamu dapat memanfaatkan sosial media dan blog, bisa menjadi support yang baik untuk penjualan bisnis kamu.

Iklan Online

2. Jangkauan Akses Luas

Promosi Online akan menjangkau akses yang luas dari pelanggan yang potensial. Sudah di perkirakan bahwa miliaran orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet. Beriklan dengan menggunakan bahasa Indonesia kemungkinan besar bisa di akses di seluruh wilayah Indonesia, dan jika menggunakan bahasa Inggris kemungkinan bisa di akses lebih luas di seluruh dunia.

3. Target Spesifik

Data yang dihasilkan dari beriklan dapat di lihat dan gunanya pun untuk membantu menentukan strategi marketing di periode berikutnya. Misalnya, dengan Instagram Ads, bisa di akses seberapa efektif iklan yang di sebarkan berdasarkan engagement konsumen seperti like, comment, jumlah share, jumlah DM, atau informasi seputar iklan telah mendapat view berapa.

layanan iklan seperti contohnya di Google dan Facebook semakin menekankan tayangan iklan pada target pasar yang potensial berdasar spesifikasi keyword, jenis kelamin, usia, dan minat yang semua itu sangat bermanfaat untuk beriklan yang efektif dan efisien

4. Menghemat Waktu

Iklan online juga bisa menghemat waktu. Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet. Dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya dan ini berlaku baik untuk penjual maupun pembeli. Pembeli bisa mengakses informasi kapan saja di mana saja, sama halnya penjual juga bisa bekerja kapanpun di mana pun.

5. Iklan Online Available 24 jam

Iklan Online juga memungkinkan bisnis yang kamu jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Kekurangan Iklan Online :

1. Salah Presepsi Pemula

Anggapan pengguna pada awal sudah salah, yaitu dengan memasang iklan di internet berarti kita bisa langsung mendapatkan pengunjung dan pembeli. Padahal banyak faktor-faktor pendukung dan pesaing untuk bisa sampai mendapatkan pembeli.

2. Biaya Awal Cukup Tinggi

Memang, pemasaran online terkenal tidak mengeluarkan biaya yang besar, tapi itu semua tergantung dengan platform online yang kamu gunakan. Misalnya kamu beriklan melalui Google Ads, biaya awal marketing pasti dibutuhkan, tapi apabila bisnis online kamu semakin sukses, maka Google akan menurunkan biaya marketing Anda.

Begitu juga dengan iklan-iklan di marketplace. Jika Anda terus memberikan pelayanan maksimal dan menjual produk yang berkualitas tinggi, kemungkinan besar kamu mendapat status di marketpalce dan biaya beriklan pun akan diturunkan oleh pihak marketpalce tersebut.

Iklan

3. Bergantung Pada Iklan Online Gratis

Iklan gratis (Free ADS) seringkali lebih menarik pengguna usaha skala kecil. Sehingga lupa untuk untuk belajar mengembangkan target pasar dan kalah bersaing di skala yang lebih besar dengan para pebisnis besar (Digital Marketing).

4. Proses Agak Sulit Untuk Pemula

Agak sulit bagi yang belum tahu atau menguasai caranya dan belum terbiasa. Misalnya cara mendaftar, membayar iklan, dan mengelola strategi-strategi mengoptimalkan promosi di Iklan Online dsb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olshop Sepi

Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function Smush\Core\Parser\str_contains() in /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/parser/class-parser.php:373 Stack trace: #0 /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/parser/class-parser.php(358): Smush\Core\Parser\Parser->sanitize_value() #1 /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/parser/class-parser.php(157): Smush\Core\Parser\Parser->is_safe() #2 /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/parser/class-parser.php(120): Smush\Core\Parser\Parser->get_element_attributes() #3 /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/parser/class-page-parser.php(35): Smush\Core\Parser\Parser->get_elements_with_image_attributes() #4 /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/transform/class-transformer.php(53): Smush\Core\Parser\Page_Parser->parse_page() #5 /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/transform/class-transformer.php(45): Smush\Core\Transform\Tra in /www/wwwroot/cariduit.net/wp-content/plugins/wp-smushit/core/parser/class-parser.php on line 373